Selasa, 14 April 2015

rumus rubik 4x4

RUMUS RUBIK 4X4


Rumus ini disarankan buwat yang udah lancar nyeleseain rubik 3x3. ( cZ ga jelas artikelnya hhhh :D )
Okelah kita mulai aja...

Pada dasarnya dalam meyelesaikan rubik 4x4x4 terdapat 4 langkah dasar, yaitu:
1. Menjadikan bagian tengah rubik (Center)
2. Membuat tepi rubik menjadi benar (edge)
3. Menjadikan rubik dengan menganggapnya sebagai rubik 3x3x3
4. Koreksi terhadap kesalahan (jika ada)

Oke cekidot !!

1. Menjadikan Bagian Tengah Rubik
Hafalin posisi semua warna dengan kondisi putih di atas,kuning di bawah, merah di depan, biru di samping kiri, orange di belakang, hijau di kanan singkatnya MBOH (Merah Biru Orange Hijau), ingat putih di bawah kuning di atas..
Untuk membuat center menjadi solved ga ada rumus tertentu, itu make intuitif aja, yaitu dengan cara cari warna center satu persatu dg urutan putih dulu,trus kuning,baru MBOH..
setelah ketemu satu center puith,cari center satu lagi dan gabungkan dengan yang sudah ketemu pertama.
Kalo saya sring pake kya gini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6yox2_rwyHqZnHf78YS-CWLUv3vJxCBbwxo64kKmLNIOk-o_JIWUPLf6o1rhxsRIqqN6gkZl443ey1WY1EaN7uVPDN3wC3C6G-U8pYTVV4EhzFnsJ83jYE_i4t14LYXSVe_9SrX7oneum/s320/rumuspisan.jpg

Dengan begitu tidak akan merubah posisi center yang lain.



2. Menjadikan Tepi Rubik Menjadi Benar
konsep dasar dalam menjadikan tepi rubik menjadi benar posisinya, yaitu sebagai berikut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAeAl_jId7bcopag8A_J-MSkRLKRzIoRkJk964Lmf2dmspnsv0rxLJyaPdUu5snDL4BlcbclkF_diiSfrcJPEX9TAKe3zSRHr0MKArZOSANv4xVnzj8f5Mzy41I087fwcqRNFNZs0AHuMm/s320/rumusmenjadikantepi2221.JPG

Untuk  menyamakan tepi juga tidak ada rmus kusus, kita intuitif aja, jika kebetulan langsung jadi, tapi biasanya ada dua edge yang belum jadi, dan harap diposisikan seperti pada gambar



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEikUKE_EElswxFeUk4rOA1AxEf2AvY_ur12HCQNAUMj_6ocm9gEQlGlMEqLZ5-pQ9q8I-8yLNPxLvecR7lgE6-dIc8eBvykyPjZOVh_TLdRjwjLyNF0VqV9gjx6YHwQwUC-0rcbEMeYFJkU/s320/rumustepilast2.JPG

Nah, udah jadi semua kan tepinya :)

3. Menjadikan Rubik Dengan Menganggapnya Sebagai Rubik 3x3x3
Setelah tepi dan tengah rubik dalam keadaan benar, maka rubik tersebut dapat dianggap sebagai rubik 3x3x3.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEji1SbAQ-_wf02Jw29GmOh8Supf8K5zhIlFolFrJGKckdzF9uhx2vAR-BypghvowRTqH9Hjw4XK1f4Ra1FfUVX6fLNd-3-xCM561qXTgh1jYA4A4owIQm0TjmCcUIB8h0L-sOdFPYB-Vw2A/s320/rubik3x3x3.jpg

4. Koreksi Terhadap Kesalahan.
Jika beruntung kita bisa menyelesaikan dengan cara 3x3 tanpa ada kesalahan/eror.
Ada beberapa kasus eror, diantaranya
*Pasangan edge terbalik ( saat membuat cros )
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKAXagivczuNtuION4nNbfajjvRCLtT_kO835chhA8oQPpe0Uc5YA1-Xd_uKDtvdd8Pjq7vWF4ktuD_74al6HXR7gm2c_snPmbjfA539rQtQ_hTQrVndif_ygoK1LaOOAqqBeVcbzyODHk/s200/parity2.jpg
Alogaritma : 2R* 2B 2U L* 2U R'* 2U R* 2U 2F R* 2F L'* 2B 2R* (dan kemudian dilanjutkan dengan solving secara normal atau dengan kata lain seperti rubik's 3x3)

*Pasangan edge tertukar secara vertikal ( saat penyelesaian )
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivyWzti_mZmFy31i0PjW8TolN3nukoNdlQr-rZqJQSoRLozyB5TFoSsRKJJ1RPkUjaObaf1Kqqzgl3r917gpMBitxYll_1RSbZrHi8Pgd-4N9dDtK1Z1vgMe34kJV9bbhFv7_lalCkyFek/s200/parity3.jpg

Alogaritma: 2r 2U 2r 2U* 2r 2u 
Tentu masih ada lagi beberapa eror, tapi saya kira yang lain masih bisa diatasi dengan rumus 3x3.

Untuk lebih jelasnya liat videonya mas robbert milliang ampe tuntas aja deh..
Nih linknya :





Menyelesaikan Rubik 4x4x4

http://redokakashi.files.wordpress.com/2010/11/11.jpg?w=300&h=211
1.       Menyelesaikan Center
Berbeda dengan rubik 3x3x3 yang sudah ada center yang konstan (tetap). Center ini tidak akan berubah posisi walau di putar ke arah manapun. Sedangkan rubik 4x4x4 centernya akan bisa selalu berubah/berpindah posisi.  Bagian center rubik 4x4x4 terdiri dari 2×2 piece muka kubus, ini yang harus kamu selesaikan satu per satu.  Pada dasarnya posisi center rubik 4x4x4 dengan rubik 3x3x3 sama. Kita ambil contoh sisi putih kita letakkan di bagian atas, maka sisi kuning akan menjadi berlawanan dengan sisi putih. Sisi biru misalnya berada di depan, maka sisi belakan akan nampak warna hijau, dan jika sisi orange berada di sebelah kiri maka sisi merah akan brada di sebelah kanan. Mudahnya, kita letakkan putih diatas, kuning di bawah, maka sisi sampingnya adalah MBOH, merah-biru-orange-hijau.
Selesaikan center masing-masing sisi mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
http://redokakashi.files.wordpress.com/2010/11/2.jpg?w=243&h=300
http://redokakashi.files.wordpress.com/2010/11/3.jpg?w=300&h=242
2.   Menyamakan dua pinggir yang bersebelahan
Ada 12 pasang pinggir yang harus disamakan. Rubik 4x4x4 akan ada sepasang pinggir seperti gambar A di bawah ini, dan kita akan menyelesaikan satu per satu agar menjadi seperti pada gambar B. Silakan ikuti langkahnya. Kamu bisa mencari kondisi yang sesuai dengan gambar rubiknya.
http://redokakashi.files.wordpress.com/2010/11/4.jpg?w=159&h=300
Ada 12 pasang pnggir yang harus diselesaikan. Nah, ketika tersisa dua pasang pinggir, maka gunakan rumus berikut ini. Sesuaikan posisi warnanya. Ini adalah penyelesainan double edge (degde) terakhir.
http://redokakashi.files.wordpress.com/2010/11/5.jpg?w=300&h=285
Jika semua pinggir (dedge) sudah bertemu pasangannya, maka hasinya akan tampak seperti ini:
http://redokakashi.files.wordpress.com/2010/11/5a.jpg?w=300&h=250
Lalu setelah ini, selesaikan langkahnya dengan menggunakan rumus 3x3x3. Membuat satu layer, lalu menyusun layer kedua. Ada perbedaan sedikit dengan rubik 3x3x3. Jika rubik 3x3x3 setelah tersusun layer kedua, maka langkas selanjutnya bisa langsung membuat palang (+), tapi pada rubik 4x4x4 seteah tersusun 2 layer, sebelum membentuk palang (+) kita akan bertemu dengan kondisi seperti gambar di bawah ini. Peluang kondisi ini adalah 50% terjadi (gambar di bawahnya dengan sisi atas kuning).
http://redokakashi.files.wordpress.com/2010/11/6.jpg?w=273&h=300
Disampaing kondisi di atas, ada juga kondisi yang akan sering terjadi (dengan peluang sama besar 50%) adalah seperti pada gambar di bawah ini.
http://redokakashi.files.wordpress.com/2010/11/7.jpg?w=300&h=285
Nah, setelah bisa menyelesiakan dengan cara-cara di atas, selebihnya bisa di selesaikan dengan menggunakan rumus-rumus yang ada pada rubik 3x3x3. Seperti menyamakan sisi palang dengan center, Finishing I dan Finishing II. Selamat mencoba..
kalau udah bisa gantian yang 5x5x5 ya!
sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

rumus rubik 4x4

RUMUS RUBIK 4X4 Rumus ini disarankan buwat yang udah lancar nyeleseain rubik 3x3. ( cZ ga jelas artikelnya hhhh :D ) Okelah kita mu...